Kebun Raya Siap Dukungan Pariwisata Samosir

Kebun Raya Siap Dukungan Pariwisata Samosir

Posted by

Naidoo. Botani (KR) diproyeksikan menjadi dataran tinggi konservasi pusat Naidoo tanaman Sumatera Utara dan tanaman terkait erat dengan budaya Batak. Samosir Botanical Garden akan siap untuk mendukung industri pariwisata Samosir. Dikatakan Naidoo KR Kepala Elman Silalahi mengatakan kepada MedanBisnis, Rabu (13/1) di Pangururan. Dijelaskan, KR Naidoo dibentuk pada 2009, selain konservasi tumbuhan pusat dataran tinggi, juga salah satu upaya untuk mendukung Naidoo visi menjadi kabupaten pariwisata.

Kebun Raya Siap Dukungan Pariwisata Samosir
Kebun Raya Siap Dukungan Pariwisata Samosir

Kebun Raya Siap Dukungan Pariwisata Samosir

Jika Anda ingin menikmati keindahan flora pegunungan di atas Sumatera Utara Toba kaldera Geo Taman Dunia, kabupaten KR Samosir akan menjadi pilihan yang tepat. Karena daerah dengan luas sekitar 100 ha akan memiliki eksotika tersendiri di tengah-tengah bertiup sejuk udara khas di dataran tinggi sekitar Danau Toba, bagaimana tidak karena jarak dari lokasi ke tepi Danau Toba hanya sekitar 200-300 meter, dengan perbedaan ketinggian kurang dari 200 meter, “kata Elman.

Naidoo sebagai daerah konservasi tumbuhan dataran tinggi pengembangan KR Sumatera Utara, tidak terlepas dari sejarah budaya pesona wisata. Karena perencanaan arsitektur dan tata letak lokasi koleksi tanaman KR Samosir tidak lepas dari filosofi dan aspek budaya Batak.

Tanaman dikumpulkan menampilkan endemik pinus, koleksi tanaman obat, pewarna alami, produsen buah dan kayu dan tanaman hias gunung-gunung akan diatur sesuai dengan tema di daerah Taman Persahabatan yang tidak dapat dipisahkan dari budaya Batak Toba yang Memanfaatkan vegetasi khas dari kehidupan sehari-hari sebagai rempah-rempah, obat-obatan tradisional, pewarna ulos dan upacara.

Dia menambahkan bahwa pengembangan KR Samosir bekerja sama dengan Lembaga Indonesia Penelitian (LIPI) dan KR Bogor. “Pengembangan Samosir KR masih membutuhkan alokasi anggaran besar untuk membangun infrastruktur untuk akses yang sama ke KR atau KR Bogor di Indonesia,” kata Elmam. (Tumpal Sijabat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *