Kebun Raya Solok West Sumatra

Kebun Raya Solok West Sumatra

Posted by

Lokasi Kebun Raya terletak di bidang administrasi Solok Aripan Nagari, Kabupaten X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Secara geografis, terletak diperbukitan Tampa Dado ± 4 Km dari tepi wilayah Danau Batur, dengan topografi datar berbukit-bukit, dengan luas 112,6 ha. Sekitar 25 kilometer sebelah utara dari Aro Suka, Kabupaten Solok Pemerintah Pusat.

Solok Botanical Koleksi tema dirancang untuk menyoroti tema konservasi tumbuhan herbal, meskipun berbagai konservasi spesies tanaman lain juga masih mendapatkan perhatian yang tinggi.

Kebun Raya Solok West Sumatra
Kebun Raya Solok West Sumatra

Kebun Raya Solok West Sumatra

Tak perlu lama mari kita simak ulasan mengenai kebun raya sumatra yang sangat populer ini :

Sejarah Kebun Raya Solok

Dengan persetujuan untuk pembentukan kebun raya baru-baru ini diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat ke Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, LIPI, maka pada tahun 2009 mulai pelaksanaan persiapan untuk membangun kebun raya hanya di Solok yang dimulai dengan membuat masterplan Botanical Solok pada tahun 2009.

Koleksi Kebun Raya Solok

Tema ini dipilih karena masyarakat Sumatera Barat sangat akrab dengan penggunaan tanaman herbal dalam kehidupan sehari-hari, terutama sebagai penyedap berbagai jenis makanan etnis atau di bidang makanan yang sudah terkenal di seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri.

tanaman rempah-rempah pohon berbentuk seperti Syzygium aromaticum pohon (Cengkeh), Cinnamomum (kayu manis), Myristica (Pala), Cyrtandra pendula (asam) dan lain-lain.

Selain rempat tanaman, ada 33 spesies tanaman invasif milik 15 keluarga. Keluarga memiliki sejumlah sebagian besar jenis adalah Compositae (delapan spesies), diikuti oleh keluarga Leguminosae (tujuh spesies) dan keluarga Poaceae dan keluarga Verbenaceae (3 jenis), kemudian keluarga Melastomataceae (dua jenis), serta keluarga Achantaceae, Combretaceae, Convolvulaceae, Malvaceae, Myrtaceae, passifloraceae, Piperaceae, polygalaceae, Rosaceae, Solanaceae masing-masing jenis. spesies tanaman yang paling invasif ditemukan pada habitus semak yang 45,45%, 36,36% berikutnya herba, pohon Calamus 12,12% dan 6,1%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *